Pages

Sabtu, 01 Oktober 2011

FASILITAS-FASILITAS DALAM INTERNET

Pengertian fasilitas menurut Salim (1989:415) adalah sesuatu yang dapat membantu memudahkan pekerjaan, tugas, dan sebagainya. Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya. Sehingga dapat disimpulkan fasilitas Internet adalah segala sesuatu yang dapat membantu memudahkan pengguna dalam memanfaatkan Internet.
 
Semua pengguna komputer yang terhubung ke Internet dapat saling berkomunikasi dengan menggunakan protocol TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Menurut Koswara (1998:186-187), ada tiga fasilitas utama dari TCP/IP ini, yaitu electronic mail, remote login, dan file Transfer. Sedangkan menurut Zainuddin (2006:40) fasilitas Internet yang dapat digunakan oleh pengguna, di antaranya: World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Electronic Mail (E-Mail), Newsgroup atau Mailing List, IRC/chat, dan sebagainya.


1. World Wide Web (WWW)
World Wide Web adalah fasilitas di Internet yang relatif paling baru di bandingkankan dengan fasilitas yang lainnya. Saat ini World Wide Web atau WWW merupakan falitas yang paling popular karena menawarkan berbagai kecanggihan dan kemudahan (Wahana Komputer, 1997:16). World Wide Web adalah sebuah database jalinan komputer di seluruh dunia yang menggunakan sebuah arsitektur pengambilan informasi yang umum (Vaughan dkk, 1999:7).
 
WWW pertama kali dikembangkan oleh European Physics Laboratory (CERN) pada tahun 1989 oleh tim Berners-Lee di Genewa, Swiss. WWW diciptakan dengan tujuan untuk menyediakan suatu bentuk penyedia informasi di Internet yang memungkinkan pemakai Internet mendapatkan dan menampilkan informasi-informasi di mana saja di Internet secara mudah dan cepat (Wahana Komputer, 1997:16). Dengan tujuan itu, maka CERN mengembangkan suatu bentuk dokumen yang dapat dengan mudah ditampilkan di berbagai tipe perangkat dan di dalamnya terdapat link atau hubungan-hubungan kedokumen lainnya. Jadi dari suatu dokumen WWW, pemakai dapat langsung menuju ke dokumen-dokumen lain atau bahkan alamat-alamat lain di Internet secara langsung melalui link-link yang telah disediakan.
 
WWW merupakan sistem hiperteks yang beroperasi di Internet. Sistem hiperteks adalah sistem untuk menampilkan informasi yang mengandung referensi (disebut hipertaut atau hyperlink) ke informasi lain dalam sistem. Hiperteks biasa dijelajah (di-browse) dengan menggunakan program yang disebut dengan penjelajah (browser), seperti Internet explorer dan netscape navigator, yang akan mengambil informasi dari Internet (disebut halaman web atau web pages) dan menampilkannya kelayar monitor (Purnomo dan Zacharias, 2005: 371).
 
Seiring dengan semakin berkembangnya jaringan Internet di seluruh dunia, maka jumlah situs web yang tersedia juga semakin meningkat. Hingga saat ini, jumlah halaman web yang bisa diakses melalui Internet telah mencapai angka miliaran. Untuk memudahkan penelusuran halaman web, terutama untuk menemukan halaman yang memuat topik-topik yang spesifik, maka para pengakses web dapat menggunakan suatu search engine (mesin pencari).
 
Penelusuran berdasarkan search engine dilakukan berdasarkan kata kunci (keyword) yang kemudian akan dicocokkan oleh search engine dengan database (basis data) miliknya. Dewasa ini, search engine yang sering digunakan antara lain adalah Google (www.google.com) dan Yahoo (www.yahoo.com).

 2. mesin pencari/ search engine
Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.
Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdata tertutup, di antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo!). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka (open source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.

3. e-mail
Electronic Mail kalau dalam istilah Indonesia surat elektronik merupakan salah satu fasilitas Internet yang banyak digunakan untuk berkomunikasi, antara lain untuk keperluan perpustakaan, seperti menghubungi penerbit, pengarang suatu artikel atau buku, sekretariat seminar, dan lain sebagainya, termasuk saling bertukar informasi melalui surat elektronik. Juga dapat membuat dan mengirim pesan tertulis kepada seseorang atau kelompok orang yang juga terdaftar di Internet. Elektronik Mail adalah surat menyurat menggunakan komputer melalui suatu jaringan. Pada kebanyakan jaringan komputer, pengguna dapat saling bertukar informasi dan berita (kamus lengkap dunia komputer, 2002: 113).
 
Sedangkan Elektronik Mail menurut Koswara (1998:186) merupakan alternative aplikasi untuk mengirimkan surat secara elektronik dengan menggunakan komputer sehingga pengiriman akan lebih cepat dan efisien dibandingkan jasa pos maupun fax. Hal senada juga diungkapkan oleh Ramadhani (2003:7) adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna Internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di Internet.
Dengan adanya fasilitas Elektronik Mail (E-Mail) ini para pengguna memiliki sebuah mailbox (kotak surat). Suatu mailbox memiliki sebuah alamat sebagai identitas dari orang yang dituju agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya, baik dalam bentuk penerimaan maupun pengiriman informasi atau berita kepada mailbox yang dituju. Informasi atau berita yang sudah dikirim akan ditampung dalam mailbox, selanjutnya pemilik mailbox kapan saja bisa menjawabnya, menghapus, atau menyunting dan mengirimkan pesan E-Mail.
Biasanya E-Mail dikelompokkan menjadi dua basis, pertama, E-Mail berbasis client adalah sebuah aplikasi yang berjalan pada komputer dan memungkinkan untuk dapat mengirim, menerima dan mengola E-Mail (wahana komputer, 2005: 240). Disebut sebagai client karena sistem E-Mail berdasarkan pada sebuah arsitektur klien server, yang terdiri dari berbagai macam computer dan pengguna yang menggunakan sebuah aplikasi tersebut dan terhubung dengan sebuah komputer besar yang khusus dipersembahkan untuk mengolah disk drives atau file, printers dan juga network atau jaringan. E-Mail client ini menggunakan perangkat lunak seperti aplikasi Outlook Express. Perangkat lunak ini meyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan E-Mail secara offline (tidak tersambung ke Internet). Dengan demikian biaya koneksi ke Internet dapat di hemat walaupun ada juga E-Mail client yang bayar, seperti E-Mail dari institusi pemerintah dan perusahaan. Koneksinya hanya diperlukan untuk melakukan pengiriman (send) atau penerimaan (recieve) E-Mail dari Mailbox.
 
Kedua, E-Mail berbasis web ini ialah layanan yang memungkinkan untuk mengakses E-Mail melalui web browser seperti Internet eksplorer (wahana komputer, 2005: 243). E-Mail berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan E-Mail gratis seperti Hotmail (www.hotmail.com) atau YahooMail (mail.yahoo.com) (ramadhani, 2003: 8).
 
Fasilitas E-Mail berbasis web ini mempunyai keuntungan tidak perlu mengatur setting dan mempersiapkan program E-Mail Client untuk masuk, mebuka, membaca dan mengirim E-Mail. Pengguna dapat langsung membuka pada web browser Internet eksplorer. Dari kuntungan tersebut E-Mail berbasis web ini tentunya mempunyai kekurangan yaitu setiap pelayanan berbasis web, memiliki keterbatasan mengenai terbatasnya kapasitas, sehingga pengguna tidak berlama-lama menyimpang pesan yang telah lama, atau dengan kata lain pengguna harus cepat-cepat menghapus pesan yang sudah dibaca dan juga sering kali mengdapatkan iklan yang sangat bayak pada layanan ini (wahana komputer, 2003: 243-244)

4. mailing list
Mailing List adalah group diskusi berbasis E-Mail. Kumpulan E-Mail address diwakili sebuah E-Mail address tunggal (list-address). Member mengerim pesan ke list-address dan agen atau server mailing list secara otomatis mendistribusikannya ke semua alamat (address) masing-masing member (Rafiudin, 2005: 91).
Beberapa pengguna E-Mail dapat membentuk kelompok tersendiri yang diwakili oleh sebuah alamat E-Mail. Setiap E-Mail yang ditujukan ke alamat E-Mail kelompok akan secara otomatis diteruskan ke alamat E-Mail seluruh anggotanya. Kelompok semacam ini disebut sebagai milis (mailing list). Sebuah milis didirikan atas dasar kesamaan minat atau kepentingan dan biasanya dimanfaatkan untuk keperluan diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya. Saat ini, salah satu server milis yang cukup banyak digunakan adalah Yahoogroups (www.yahoogroups.com).
 
Menurut Rafiudin (2005:91-92) Terdapat dua tipe Mailing List, yaitu:
1.    Pemakai membuat address-address untuk dua orang atau lebih dalam sebuah program E-Mail.
2.    pemakai membuat komunitas list menggunakan software khusus Mailing List. Para member ini, dapat saling mengirim topik untuk didiskusikan bersama.

5. forum diskusi
 forum diskusi adalah grup diskusi di Internet di mana sarananya ialah web.

6. blog
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia.
Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.
Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blog memuat tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain.
SEJARAH BLOG
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman "What’s New" pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.
Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya "Justin’s Home Page" yang kemudian berubah menjadi "Links from the Underground" yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
Namun saat ini, kita tidak perlu menjadi seorang programmer untuk menjadi seorang Blogger, karena kita dapat menampilkan seluruh isi dalam web dengan mudah melalui menu editor yang telah disediakan.
Keuntungan dari penggunaan Weblog antara lain:
  1. Melalui weblog,kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.
  2. Weblog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting blog yang anda bahas, dapat dibaca oleh pengunjung blog yang tak terbatas. Beda dengan email yang hanya bisa dibaca oleh orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.
Seiring perkembangan weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog juga akan berkembang seiring dengan ide - ide dan kemauan para Blogger.

7. multimedia streaming
Media streaming multimedia yang terus diterima oleh dan disajikan ke pengguna akhir, sementara yang disampaikan oleh penyedia streaming yang. Nama mengacu pada metode pengiriman medium daripada media itu sendiri. Perbedaan ini biasanya diterapkan untuk media yang didistribusikan melalui jaringan telekomunikasi, karena sebagian besar sistem pengiriman lainnya baik inheren streaming (misalnya, radio, televisi) atau inheren non-streaming (misalnya, buku, kaset video, CD audio). Kata kerja 'untuk stream "juga berasal dari istilah ini, yang berarti untuk memberikan media dalam cara ini. Televisi internet adalah media umum streaming.

Live streaming, lebih khusus, berarti mengambil media dan penyiaran itu live melalui Internet. Proses ini melibatkan sebuah kamera untuk media, sebuah encoder untuk mendigitalkan konten, penerbit media di mana aliran yang dibuat tersedia untuk potensi pengguna akhir dan jaringan pengiriman konten untuk mendistribusikan dan menyampaikan konten. Media kemudian dapat dilihat oleh pengguna-akhir hidup.

8. toko online
stilah Toko Online pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Hampir di setiap forum, kita selalu menjumpai istilah yang populer juga disebut sebagai ecommerce, web store, ataupun virtual store ini.  Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan toko online itu ?

Dari segi bahasa, toko online berasal dari dua suku kata, Toko dan Online. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, toko berarti sebuah tempat atau bangunan permanen untuk menjual barang-barang (makanan, minuman, dan sebagainya).  Sedangkan online yang terjemahan bahasa indonesianya adalah dalam jaringan atau disingkat daring menurut Wikipedia adalah keadaan di saat seseorang terhubung ke dalam suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar. Jadi berangkat dari dua pengertian secara bahasa tersebut kita dapat mengartikan toko online sebagai tempat terjadinya aktifitas perdagangan atau jual beli barang yang terhubung ke dalam suatu jaringan dalam hal ini jaringan internet.

Ketika kita melakukan transaksi di sebuah toko, kita bebas memilih barang yang akan kita beli. Terkadang kita perlu memasukkan barang yang kita beli ke dalam keranjang belanja lalu kita menyerahkan keranjang belanja tersebut kepada kasir untuk dihitung total belanja kita. Sama seperti transaksi di toko biasa, di toko online proses transaksi yang kita lakukan tidak jauh berbeda. Bila di toko biasa kita dilayani oleh manusia,  di toko online kita dilayani oleh mesin.
Salah satu Contoh Toko Online yang bagus adalah :
1. ManetVision.com
2. Bhinneka.com
3. KutuKutuBuku.com

6 komentar:

Posting Komentar